signature

oleh: Chiaki Asaari

KONSULTASI, KURSUS DAN KOMUNITAS TAROT DI INDONESIA

 

Kamu penggemar Tarot ? | Mau dibacakan Tarot ? | Atau mau belajar Tarot ?

 

Biarkan saya membantu kalian…😉

Saya telah melakukan pencarian dan penelitian mengenai segala sumber informasi mengenai info-info yang berhubungan dengan dunia Tarot di Indonesia.
Kalian bisa temukan pembaca Tarot, tempat kursus dan juga komunitas penggemar Tarot dalam artikel ini.

Mari kita mulai. Pertama-tama, kita lihat dulu bagaimana perkembangan ilmu Tarot di Indonesia.

 

KONSULTASI-KURSUS-KOMUNITAS-TAROT-INDONESIA

 

Tarot di Indonesia

Tidak jelas kapan dan bagaimana kartu Tarot masuk ke Indonesia.

Namun sejak awal tahun 2000, saya melihat sudah makin banyak orang yang menggunakan kartu Tarot…meskipun pada saat itu masih belum secara terang-terangan.

Mungkin karena kartu Tarot pada saat itu masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu dan dianggap bertentangan dengan agama….

Sekitar tahun 2004 muncul komunitas Tarot yang cukup besar, yaitu Padepokan Tarot Ani Sekarningsih, yang terutama aktivitasnya di milis yahoogroups ‘Klub Tarot’.

Dua pelopor Tarot Indonesia adalah alm. Ibu Ani Sekarningsih dan Leonardo Rimba. Beliau juga menjadi founder dari Spiritual Indonesia – sebuah blog dimana setiap orang yang memiliki ketertarikan spiritual bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Bagaimana sekarang? Banyaaakk!

Dengan semakin majunya zaman dan pola pikir manusia, kartu Tarot bukan lagi hal yang dianggap mistik atau klenik.
Malahan sekarang kartu Tarot juga dipergunakan sebagai alat bantu terapi psikologi.

Artikel menarik lain yang barangkali anda mau lihat:

Bisa dibilang bahwa untuk kalangan tertentu, Tarot adalah bagian dari lifestyle saat ini. Sehingga pengguna kartu Tarot saat ini bisa dilihat di banyak kafe, restoran, kampus, ataupun di food court.

 

tarot-readers-Indonesia

 

Ahli Tarot yang terkenal di Indonesia

Berikut ini ada satu daftar dari tokoh-tokoh dan institusi dunia Tarot Indonesia yang sangat berperan:

Drs. Hisyam A Fachri, M.Ed,.MCH(i),.CTM. Dari gelarnya aja udah keliatan ga main-main nih….
Beliau adalah seorang character building dan SDM, mind consultant psychology, Counselor, Instruktur Senior di berbagai perusahaan dan Mind Therapist di LPT Biro Jasa Psikologi Indonesia di Jogja dan Solo.

Selain sebagai seorang Grand Master Tarot, beliau juga sudah menerbitkan kartu Tarot versinya sendiri yang disebut sebagai Tarot Nusantara. Silahkan kunjungi websitenya. Dengan Beliau kalian bisa konsultasi secara online. Dan juga bisa belajar Tarot.

Di Jogja ada Bunda Ry. Bunda Ry sering diundang untuk mengisi event dan acara gathering. Beliau cukup terkenal di daerah Jogja dan sekitarnya.

Kalau di Jakarta ada Mama Ella, seorang Master Tarot Reader dengan sertifikasi internasional. Beliau adalah pendiri Indonesian Tarot Association (ITA), suatu wadah yang membawahi para pembaca Tarot.

Mama Ella sudah sering menjadi narasumber dalam acara televisi maupun radio. Beliau mempunyai tempat konsultasi di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Di website Beliau kamu bisa konsultasi online dan juga belajar Tarot.

Konseling dan kursus Tarot di Jakarta Pusat, dapat di Hermes Fortune.  Mereka juga juga telah menerbitkan buku-buku yang berhubungan dengan Tarot. Bukunya yang berjudul Meramal Semudah Membalik Kartu Tarot dan Tarot dan Numerologi bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia.

Daerah Tangerang siapa yang tidak kenal dengan Mbah Mijan. Beliau banyak diliput oleh TV lokal mengenai kemampuan meramalnya. Di websitenya Beliau malah ada penjelasan mengenai artinya masing-masing kartu Tarot.

Di Bali kalian bisa mencari Bude Novi. Beliau cukup terkenal dan sering terlibat dalam acara-acara yang berhubungan dengan kegiatan spiritual.
Beliau juga memberikan kursus Tarot selain menyediakan jasa konsultasi.

Satu lagi pembaca Tarot yang terkenal di Bali adalah Andrea Angelique. Selain pembacaan Tarot, beliau juga menyediakan jasa lain seperti hipnoterapi, past life reading, konseling, dll.

Untuk daerah Bandung pasti udah banyak yang tau tentang ibu cantik yang satu ini. Ibu Medina Nila Yudo. Beliau punya bakat alami yang ga perlu diragukan lagi dalam dunia Tarot.

Masih di daerah Bandung, Robinson atau yang akrab dipanggil Koh Ason ini juga seorang Tarot reader yang sangat oke selain sebagai seorang chef yang handal. Cukup banyak klien yang ditanganinya. Kunjungi IG nya di  untuk jasa konsultasi Tarot.

Kalau kalian tau mengenai tokoh atau institusi lain yang perlu dimasukin kedalam daftar ini silakan hubungi saya. Dengan segala senang hati akan saya update list ini.

 

belajar-Tarot-Indonesia

 

Dimana di Indonesia bisa belajar baca kartu Tarot?

Selain menyediakan jasa konseling dengan kartu Tarot, website-website yang saya sebutkan di atas juga menyediakan pelatihan membaca kartu Tarot.

So,..kalo kalian tertarik untuk belajar, silahkan menghubungi mereka.

Selain itu, masih ada lagi yang menyediakan fasilitas dan komunitas untuk belajar Tarot reading.

Daerah Jakarta:

Komunitas Tarot Jakarta ini dibentuk pada 12 Maret 2017 oleh Dedy Darmawan. Anggota dari komunitas ini berjumlah sekitar 500 orang, meskipun tidak semuanya merupakan pembaca Tarot. Prinsip utama mereka “Tarot Reader adalah Customer Service Kehidupan”

Di kalangan sejumlah anak muda, juga di kalangan tarot reader: Lightgivers cukup terkenal. Lightgivers adalah komunitas tarot reader yang berdiri pada 1 Juni 2013. Komunitas yang awalnya beranggotakan 7 orang ini sekarang sudah berkembang menjadi 100 orang, dan mereka sering terlibat dalam event-event anak muda bernuansa budaya populer, seperti bazaar pop-up, event musik, pensi atau sejenisnya.

Daerah Bandung:

Klub Tarot Bandung : Berdiri 23 April 2011 dan merupakan wadah bagi penghobi tarot di Kota Bandung.
Klub Tarot Bandung merupakan wadah yang terbuka bagi perorangan maupun kelompok yang ingin bersama-sama mempelajari tarot.

Daerah Surabaya:

Full Moon merupakan nama komunitas pecinta Tarot yang ada di Surabaya. Beranggotakan orang-orang yang suka / cinta dengan Tarot, baik dari sisi seni atau pun dari spiritual.

Disini para anggota bisa saling tukar pikiran mengenai Tarot, saling bertukar informasi tentang deck tarot terbaru, atau bahkan saling bertukar koleksi Tarot.

Daerah Yogyakarta:

Komunitas Tarot Dewaroetji dibentuk oleh beberapa pewacana Tarot di Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 2012 sebagai forum komunikasi, ajang berbagi informasi dan pengetahuan seputar Tarot.

Guys, saya tahu list saya ini belum lengkap. Jadi kalo kalian punya info tambahan mengenai ini, silahkan email saya atau tinggalkan komen di bawah ya…

Dengan senang hati masukan dari kalian akan saya terima. Thanks…

 

Beli-kartu-Tarot-di-Indonesia

Dimana Membeli Kartu Tarot?

Kalian bisa membeli kartu-kartu Tarot di toko buku besar seperti Gramedia, Periplus dan Kinokuniya. Meskipun menurut saya koleksi kartu-kartu Tarot disana masih sangat terbatas, tapi cukup lah untuk yang mau belajar Tarot.

Selain di toko-toko buku tersebut, kalian juga bisa membeli kartu Tarot melalui online shop seperti Shopee dan Tokopedia. Disitu banyak dijual kartu-kartu Tarot dengan harga terjangkau.

Atau kalau mau online shop luar negeri juga bisa. Silahkan cari di Etsy.

Di online shop ini pilihan koleksi kartunya sangat banyak. Tapi jangan lupa lihat deskripsinya, apakah mereka melakukan shipping/pengiriman ke Indonesia atau tidak.

Catatan:Untuk pembelian kartu Tarot melalui online shop kalian cukup mengetik kata “Kartu Tarot”, atau “Tarot Card”. Maka akan muncul berbagai macam pilihan kartu Tarot yang bisa kalian pilih sesuai selera kalian.

Kalau kalian kebetulan jalan-jalan ke Bangkok, jangan lupa mampir ke toko buku Asia Books. Saya jamin para penggemar kartu Tarot tidak mau keluar dari toko buku tersebut…😁😁😁

 

buku-buku-tarot-indonesia

 

Buku Tentang Tarot

Dengan banyak diterbitkannya buku-buku mengenai Tarot dan hubungannya dengan dunia psikologi memberikan gambaran bahwa Tarot sebagai suatu hal yang bukan “hokus pokus” belaka.Ada beberapa buku berbahasa Indonesia mengenai Tarot yang ditulis oleh para ahli Tarot di Indonesia.Jika kalian ingin membaca buku mengenai hubungan Psikologi dengan Tarot, kamu bisa mencari buku-buku ini:

The Real Art of Tarot (Hisyam A. Fachri)

Tarot Psikologi (Hisyam A. Fachri)

Psikologi Tarot (Leonardo Rimba, Audifax)

 

Beginilah dunia Tarot sekarang ini di Indonesia

Seperti yang kalian lihat, kita mempunyai komunitas yang cukup besar.Dan saya senang melihat kemajuan dalam dunia Tarot saat ini.Tarot semakin diterima dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

Hal ini terbukti dari banyaknya acara-acara di TV dan radio yang telah mengundang Tarot reader sebagai bintang tamu dan narasumber.Jadi sekarang kalian sudah tau bagaimana dunia Tarot di Indonesia.

Kalo kamu mau tau sejarah kartu Tarot, silahkan buka artikel: TAROT, TERNYATA BUKAN SUATU PERMAINAN .

Saya juga membuka jasa konsultasi Tarot di Bandung, Jakarta dan Bali. Silahkan hubungi saya lewat telpon atau WhatsApp di: +0817 201 673 .

Atau klik tombol berikut ini supaya saya bisa hubungi anda:

[maxbutton id=”1″]

Seperti biasa, silahkan tinggalkan komen atau terhubung dengan Facebook dan Instagram saya.

📞 SILAHKAN TELPON atau WHATSAPP SAYA DI: +0817 201 673 ☎️

 

Silahkan bergabung sama saya di:

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Shares
Share This